Anak Suka Menentang

Friday 14 March 2014

Anak Anda susah mendengarkan? Mereka selalu menentang apa yang Anda katakan? Memang, hal-hal tersebut adalah permasalahan yang kerap bikin orangtua pusing. Setiap kali Anda memberitahu anak untuk tidak melakukan sesuatu, ia malah melakukan hal yang sebaliknya. 
Namun, Susanne Ayers Denham, psikolog perkembangan anak, mengatakan di Babycenter.com, pada saat itu sebenarnya anak sedang tidak menentang Anda. Ia hanya sedang menguji Anda. Ya, anak sedang menguji Anda, hanya saja tidak dalam cara Anda berpikir. 
Pada usia ini, balita mencoba untuk bergulat dengan standar perilaku dan aturan yang ada di keluarga. Mereka sedang dalam masa transisi antara patuh kepada aturan saat Anda ada atau tidak ada. Perlahan-lahan kemampuan (mengikuti aturan) ini akan muncul, meski tidak langsung mulus.

(Baca juga: Berkaca Pada Anak
Pertama-tama, mereka hanya mengikuti apa yang ingin mereka lakukan saja. Ketika merekamenentang Anda, anak sebenarnya sadar dengan apa yang dilakukannya dan merasa kecewa. Kedua, anak ingin tahu seberapa ketat Anda memberlakukan aturan itu. Dengan kata lain, ia ingin menguji Anda. Ketiga, anak butuh waktu untuk bisa benar-benar patuh kepada Anda.
Jadi, apa yang dilakukan anak sebenarnya bukan menentang Anda.  Karenanya, daripada kecewa pada ketidaktaatannya bahkan bertengkar hebat, akan lebih baik jika Anda melakukan pendekatan dengan berpikir seperti apa yang anak pikirkan.

(Baca juga: Jangan Menghukum Anak Saat Marah)

Cobalah untuk membuat lingkungan rumah di mana jumlah kata “tidak” tak berlebihan. Janganlupa, Anda juga dituntut untuk berlaku konsisten dengan mengusahakan aturan yang Anda buat tidak hanya berlaku untuknya, tapi juga Anda dan anggota keluarga lainnya. (Tabloid Nova)
Share on :

No comments:

 
Copyright © 2015 SEDUGU
Distributed By My Blogger Themes | Design By Muhammad Faisal