CARA OPTIMALKAN PENGUNAAN LEM

Wednesday 18 March 2015

Penggunaan lem mungkin sudah sering kita lakukan, macam-macam alat/peralatan yang rusak yang sekiranya bisa kita perbaiki dengan lem, maka kita gunakan lem tersebut untuk memperbaikinya. Lem ada bermacam-macam jenis tergantung jenis bahan/materi yang akan kita lem. berikut jenis jenis lem berdasarkan merknya :

1.Lem Aica Aibon
Lem Aica Aibon adalah lem perekat serbaguna bisa digunakan untuk merekatkan aika melamin/hpl,logam,beton,papan fiber,kulit asli/imitasi,kayu,karpet plywood,packing mesin,tambal ban,plastik(kecuali polyethillene dan polyvinychloridde) dan sebagainya.

2. Lem Fox
Lem Fox adalah lem putih yang bisa digunakan untuk penempelan kayu,kertas,koraltex,texture dan bisa juga untuk plamur tembok.Cara pakainya yaitu poleskan lem ini dengan tipis dan merata pada satu permukaan. Kedua bagian ditempelkan dan diberi tekanan secukupnya bila dikehendaki bisa diencerkan dengan air 5-10 %.Untuk plamur tembok satu bagian lem ini dengan dua bagian calcium carbonat serta satu bagian semen putih.Tambahkan air secukupnya dan aduk sampai rata

3.Lem Isarplas
Lem isarplas adalah lem yang berguna untuk merekatkan pipa atau fitting pvc.Aturan pakainya yaitu bersihkan pipa/fitting yang akan disambung dan poleskan dengan lem isarplas.Sambungkan kedua bagian sewaktu lem masih basah.Biarkan sambungan tersebut sehingga lem menjadi keras.

4.Lem G(Lem Korea)
Lem G adalah lem serbaguna terbuat dari bahan Cyanocrylate Etil yang bisa digunakan untuk melekatkan plastik,kayu,karet,logam,kulit,keramik.Cara penyimpanan hindari dari cahaya matahari simpan ditempat kering dan sejuk.

5.Lem Dextone
Lem Dextone atau Dextone Epoxy Adhesive adalah lem epoxy yang dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi dengan dua komponen resin dan hardener,aduk dan oleskan.Lem ini akan merekatkan besi,baja,tembaga,plastik,kayu,keramik dan aneka bahan lainnya.
lem ini tahan dan kuat terhadap temperatur tinggi dan sangat luar biasa dalam segala macam hal pemakaian untuk speaker,pecah belah,perabot rumah tangga,radiator bocor,perhiasan,mainan,tangki dan lain-lain.

6.Lem Sealant
Silicone Rubber Sealant adalah silikon asam acetat curing, yang memiliki daya rekat luar biasa dengan kaca, kayu, karet, kanvas, beberapa plastik termasuk polystyrene ,kaca keramik dan permukaan bangunan.Silikon berkinerja tinggi ini telah formulasikan untuk kaca dan konstruksi akuarium.

Pada Kesempatan kali ini yang ingin saya bahas adalah cara optimalisasi penggunaan lem, yakni LEM FOX (lem fox kuning), bagaimana tips nya berikut caranya :

Sering kita kecewa dengan hasil dari pengeleman yang kita lakukan karena apa yang sudah kita lem ternyata terlepas lagi seakan akan lemnya tidak merekat dengan benar, sehingga kita menganggap kualitas lem yang kita pakai tidak bagus. Nah agar penggunaan lem Fox dapat optimal ada caranya diantaranya adalah : sebagai contoh kita akan menyatukan bagian bawah sepatu(alas sepatu) dengan bagian sepatunya yang terlepas. banyak orang menggunakan lem fox dengan merekatkan kedua bagiannya dan langsung menempelkannya, serta memebri tekanan pada sepatu tersebut beberapa saat hingga lem merekat. cara ini sebenarnya salah,yang benar adalah yaitu 1. Oleskan lem fox pada bagian sepatu yang ingin direkatkan, oleskan jangan terlalu tebal ataupun terlalu tipis, yang sedanglah. 2. Setelah dioleskan dengan lem fox pada bagian tersebut, diamkan bagian bagian tersebut beberapa saat (kurang lebih 10 menit) inilah proses yang sangat penting ketika kita ingin merekatkan sesuatu menggunakan lem fox kuning, banyak orang tidak tau dengan proses ini yakni proses membiarkan lem selama beberapa saat. langkah selanjutnya 3. Setelah dibiarkan beberapa saat, rekatkan lah bagian-bagian yang sdh dilem tersebut serta beri penekanan agar lem dapat merekat dengan sempurna. lihatlah hasilnya bagian-bagian tersebut akan sangat merekat berbeda dgn proses langsung direkatkan tanpa membiarkan lem terlebih dahulu. oke guys selamat mencoba. dan satu hal lagi, jangan salah gunakan penggunaan lem ini...
Share on :
 
Copyright © 2015 SEDUGU
Distributed By My Blogger Themes | Design By Muhammad Faisal