Cara Mengatasi Virus ENGRIKS Pada Android

Thursday 11 February 2016


Bagi rekan2 pengguna smartphone android yang terkena virus yang bernama "engriks" sejenis virus yg mengakibatkan smartphone jadi lemot serta mendownload sendiri aplikasi aplikasi kedalam smartphone kita, bahkan dia bisa menghidupkan paket data yg kita matikan, paket data kita yg kita matikan,menyala dengan sendirinya. Dan bahkan lagi smartphone kita sdh kita reset atau wipe data, virus tersebut tetap ada,walaupun kita flash, virus tsb masih nempel di smartphone kita. Ini terjadi pada salah satu smartphone milik saya, sudah saya coba berbagai hal, sambil searching di google, akhirnya bisa diatasi dengan aplikasi titanium backup silahkan simak ulasannya disalah satu blog yang saya search di google untuk lebih jelasnya. (aliservicecomputer.blogspot.co.id/2015/10/android-handphone-kena-virus.html?m=1)

Awalnya kami menduga masalah handphone kena virus ini bersifat sementara, namun belakangan kasusnya bertambah banyak meluas ke berbagai negara dan sudah menyerang jutaan handphone. Bulan ini saja (oktober 2015) sudah belasan handphone android berbagai merk dengan kasus yang sama kena virus monkey test dan Engricks masuk ke tempat servis kami di jalan Drupadi Denpasar untuk diperbaiki, mulai merk Advan, Samsung, Lenovo dll. Harap perhatikan bahwa penyebutan merk sebagai contoh kasus saja, ini tidak memaksudkan bahwa handphone tertentu lebih rentan mudah kena virus sedangkan merk vendor lain lebih kebal. Semua merk handphopne memiliki peluang yang sama terutama hape android yang diroot lebih tinggi resikonya kena virus ini.

Perhatikan bagan metode cara penyebaran virus ini.
servis handphone lenovo
Nampaknya virus ini berawal dari aplikasi yang cukup terkenal namun sudah dimodifikasi oleh hacker dengan virus. Aplikasi tersebut dapat berupa game, launcher, lockscreen dll. Banyak korban mengaku bahwa hape nya sudah diroot, namun ada sebagian kecil korban mengaku bahwa handphone tidak pernah diroot. Jika benar demikian, maka virus ini setelah terinstall akan memiliki kemampuan untuk me-root??? Kami belum bisa memastikan apakah memang demikian atau hanya menginfeksi hape android yang diroot, faktanya semua handphone yang kena virus ini selalu kami terima dalam keadaan sudah di root. Jadi aplikasi engricks/factory test, monkey test dan time service mampu masuk ke bagian system app private, sehingga sulit cara menghilangkannya bahkan dengan factory reset tetap akan kembali lagi muncul terinstal sendiri.
mengatasi virus advan vandroid
Jika mengamati perilaku virus jenis ini, nampaknya ada motivasi untuk mendapatkaan keuntungan dari pembuat virus tersebut. Dimana pengguna yang terinfeksi 'dipaksa' untuk mendownload berbagai aplikasi termasuk aplikasi yang berbayar tanpa persetujuan. Para publisher iklan ppc/cpm pasti memahami maksudnya. Pantaslah jika para pengguna handphone yang terinfeksi virus ini mengeluhkan paket data dan pulsa yang habis ludes karena selalu mendownload otomatis. 


Cara Mengatasi Handphone Kena Virus
Beberapa antivirus seperti AVG,Avast, CM Security dan Norton Security sudah mampu mendeteksi keberadaan virus "MonkeyTest ", "Engricks" dan "TimeService" sebagai malware, namun belum mampu mengatasi atau menghapus dari handphone. Berbagai cara menghilangkan virus di Android sudah kami coba lakukan secara manual, bahkan dengan factory reset namun tidak effektif.  Ingat pembahasan kami tentang hape diroot untuk menghapus aplikasi bawaan system, baca disini artikel untuk menambah lega memory Internal?, metode yang sama
pada beberapa type handphone dapat berhasil dengan menggunakan aplikasi titanium backup untuk 'membekukan'/ freeze virus factory/monkey test dan TimeService. Pada beberapa kondisi dapat juga diatasi dengan cara menghentikan aktivitasnya melalui setting Android di block via Firewall. Handphone berbasis OS Kitkat dapat mencari letak aplikasi virus di private app, kemudian rubah permissions menjadi rwxrwxrwx lalu di delete bukan di uninstal.
memperbaiki handphone rusak kena virus
Antivirus belum mampu mengatasi
Namun semua cara mengatasi virus tersebut bukanlah solusi permanen dan tidak dapat diterapkan pada semua type handphone Android, mengingat perbedaan os dan struktur file system didalamnya. Jadi faktanya satu metode solusi bisa diterapkan untuk membasmi virus di hp X, tetapi tidak efektif di hp type Y karena pada dasarnya masing-masing handphone berbeda satu dengan yang lainnya, ada yang sudah upgrade Lolipop ada yang masih menggunakan ICS.

Tidak soal apapun merknya, Asus, Advan, Evercoss, Samsung, Lenovo, Xiaomi, pokoknya jika handphone mulai lemot, ngelag, terasa berat aplikasinya atau bahkan restart sendiri, mungkin sudah kena virus ini. Sebelumnya kami pernah menulis bagaimana cara mengatasi laptop kena virus (baca artikelnya disini) yaitu dengan cara melakukan format dan clean instal. Solusi yang sama menjadi cara paling efektif untuk mengatasi handphone yang kena virus Monkey Test dan engricks ini. Peringatan kami buat pengguna handphone yang sudah diroot berhati-hatilah terhadap aplikasi yang di download, jangan sembarangan mendownload dari sumber yang tidak dapat dipercaya, sebaiknya gunakan app market resmi Google play untuk menghindari/ meminimalisir resiko terkena virus. sumber : 
aliservicecomputer.blogspot.co.id
Share on :

1 comment:

Paipai said...

makasih gan udah share infonya
alat pembuka lcd

 
Copyright © 2015 SEDUGU
Distributed By My Blogger Themes | Design By Muhammad Faisal